Skip to main content

follow us

Ada persyaratan baru dalam CPNS tahun 2018 ini. Persyaratan itu adalah calon pelamar harus mengunggah Foto Selfie Dirinya (Swafoto) dengan KTP dan Kartu Tanda Peserta CPNS. Maka pada kesempatan ini, kami akan memberikan Panduan Cara Berselfie dengan KTP dan Kartu Tanda Peserta CPNS yang Benar.

Saat tahap cetak kartu, calon pelamar diharuskan mengunggah foto diri dengan berselfie sambil memegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan juga kartu SSCN. Foto selfie (Swafoto) yang dimaksud bukan hanya sekedar foto narsis anda tetapi juga harus menyertakan KTP dan Kartu Tanda Peserta CPNS yang telah diprint. Foto selfinya sendiri memang tidak ada syarat khusus. Namun demikian anda tetap harus berhati-hati dan mengikuti contoh yang ada pada akun resmi panitia CPNS.

Persyaratan Foto Selfie (Swafoto) ini memiliki tujuan untuk membuktikan bahwa memang benar anda  yang melakukan pendaftaran, bukan orang lain dengan menggunakan identitas anda.

Tentu saja, banyak calon pelamar dibuat bingung dengan persyaratan baru ini. Banyak yang bertanya-tanya mengenai Bagaimana cara memegang kartu, hingga posisi tangan maupun sudut badan ketika anda melakukan foto selfie.

Panduan Foto Selfie (Swafoto) dengan KTP dan Kartu Tanda Peserta CPNS yang Benar


Berikut petunjuk foto selfie (Swafoto) yang bisa diunggah saat pendaftaran CPNS 2018. Lakukan dengan baik dan benar.

1. Foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun SSCN
KTP ataupun Kartu Informasi Akun SSCN harus anda pegang. Tidak ada aturan dalam memegangnya. Baik anda memegang KTP Tangan Kanan dan Kartu Informasi Tangan Kiri, maupun sebaliknya.

2. File yang diunggah adalah file image ekstensi JPG atau JPEG
File foto selfie anda pastikan bahwa ekstensinya merupakan JPG ataupun JPEG bukan PNG ataupun lainnya. File foto anda berbentuk image foto biasa bukan merupakan file dalam Bentuk PDF.

3. Ukuran Foto Selfie
Ukuran foto selfie harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh Panitia SSCN BKN dengan ukuran maksimal 200KB. Tidak diperbolehkan lebih dari itu jika ukuran foto anda bersize di atas itu, maka lakukanlah kompres foto anda terlebih dahulu agar foto anda ukuran sizenya kecil dan memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

4. Foto selfie harus memperlihatkan dengan jelas wajah anda
Foto selfie yang anda lakukan harus memperlihatkan dengan jelas baik wajah maupun nama anda Pastinya wajah anda harus terlihat tidak boleh blurr atau buram. Karena untuk membuktikan bahwa benar anda lah yang melakukan pendaptaran CPNS.

5. Foto selfie harus memperlihatkan dengan Jelas KTP dan Kartu Informasi CPNS
Foto selfie yang anda lakukan harus jelas terlebih lagi KTP yang anda pegang harus terlihat Nama anda dan juga Pastikan Barcode nya terlihat juga.

Demikian Panduan tentang Cara Berselfie (Berswafoto) dengan KTP dan Kartu Tanda Peserta CPNS yang Benar. Semoga bermanfaat.
Terima kasih telah mengunjungi aCPNS
Baca: Panduan Download File
Lihat: Daftar ISI

You Might Also Like: