Skip to main content

follow us

Berikut adalah Rincian Formasi, Syarat, Tata Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Tahun 2018.

Kemenristekdikti pada tahun ini membuka seleksi CPNS untuk lowongan berbagai formasi di lembaga Kemenristekdikti sendiri dan juga dosen di berbagai perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia. Dalam CPNS Kemenristekdikti 2018 juga membuka beberapa formasi penunjang di perguruan tinggi seperti pustakawan, laborat, dan lainnya.

Artinya, dalam kualifikasi pendidikan pada Seleksi CPNS Kemenristekdikti 2018 setidaknya ada yang hanya mensyaratkan D-III, S1, dan S2 untuk bidang tertentu.

Persyaratan Umum CPNS Kemenristekdikti 2018


  1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa setia dan taat kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  2. Sehat Jasmani dan Rohani;
  3. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya;
  4. Berkelakuan baik dan tidak pernah dipenjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap;
  5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS)/Anggota Polri atau TNI; 
  6. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS atau Anggota Polri atau TNI;
  7. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS atau Anggota Polri atau TNI;
  8. Berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat pelamaran;
  9. Tidak sedang menempuh pendidikan dan/atau pelatihan, dengan memperoleh beasiswa dengan perjanjian ikatan dinas/wajib kerja; dan
  10. Tidak sedang menjalani ikatan dinas/wajib kerja dengan institusi/lembaga/ perusahaan/perguruan tinggi;
  11. Tidak terafiliasi pada ideologi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila. 

Rincian Formasi CPNS Kemenristekdikti 2018

Untuk Seleksi CPNS Kemenristekdikti Tahun 2018, formasi yang tersedia antara lain : Formasi Umum, Formasi Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian (Cumlaude), Formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat, Formasi Disabilitas, dan Formasi Diaspora .

Untuk rincian alokasi formasi berdasarkan nama jabatan, kualifikasi pendidikan, jumlah, jenis formasi, dan rencana penempatannya, bisa dilihat secara lengkap di halaman resminya Di Sini.

Tata Cara Pendaftaran


Pelamar melakukan pendaftaran secara online pada laman https://sscn.bkn.go.id mulai tanggal 28 September 2018 dengan mengisi data sesuai data kependudukan yang tertera pada KTP dan/atau KK. Registrasi online ditutup pada tanggal 8 Oktober 2018. Tata cara pendaftaran secara online mengikuti petunjuk sebagaimana tercantum pada laman https://sscn.bkn.go.id. 

Download Formasi, Syarat, Tata Cara Pendaftaran CPNS Kemenristekdikti 2018


Untuk detail pengumuman secara lengkap mengenai Pengumuman Seleksi CPNS Kemenristekdikti Tahun 2018, yakni Persyaratan Lengkap, Tata Cara Pendaftaran Lengkap, Tahapan dan Jadwal Seleksi, Penetapan Kelulusan, Pemberkasan, dan Ketentuan Lainnya terkait pengumuman ini, bisa dilihat dan diunduh melalui halaman di bawah ini, semoga bermanfaat.
Terima kasih telah mengunjungi aCPNS
Baca: Panduan Download File
Lihat: Daftar ISI

You Might Also Like: