Skip to main content

follow us

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pada tes CPNS 2018, banyak sekali didapatkan calon pelamar gagal memenuhi passing grade TKP SKD CPNS. Lalu sebenarnya adakah trik jitu menembus passing grade TKP SKD CPNS 2018?

Beberapa pelamar CPNS 2018 yang mampu menembus passing grade TKP SKD CPNS 2018 mengaku bahwa waktu memang sangat mepet untuk membaca seluruh soal TKP yang uraiannya panjang.

Ya, soal TKP SKD CPNS 2018 memang merupakan jenis soal yang panjang dengan jawaban yang terlihat nyaris seluruhnya berpoin 5, serta uraian pilihan jawaban pun panjang.

Salah satu peserta SKD CPNS 2018 yang berhasil merain nilai 146 untuk TKP mengaku sebenarnya sampai 10 menit sebelum waktu mengerjakan selesai, dirinya masih belum menyelesaikan sekitar 20 soal TKP.

Tapi akibat waktu yang mepet itu pula dia akhirnya mendapatkan sedikit trik untuk mengerjakan TKP.

Rupanya membaca soal TKP hanya perlu sepintas saja, lalu berikutnya lekas memilih jawaban yang paling baik.

Bahkan di beberapa soal TKP, dia tak lagi membaca soalnya, tetapi langsung memilih jawabannya.
Setidaknya peserta SKD yang tengah mengerjakan TKP harus menganulir dulu beberapa jawaban yang kelihatannya berpoin paling rendah.

Setelah itu baru menyisakan 2 atau 3 pilihan jawaban yang kira-kira berpoin paling tinggi.

Berikutnya peserta tinggal memilih yang dirasa paling  baik dari 2 atau 3 pilihan jawaban tersebut.

Sehingga setidaknya pilihan jawaban yang terpilih akan memiliki poin antara 3 sampai 5.

Ya, mudah-mudahan trik ini dapat digunakan peserta pelamar CPNS 2018 ketika waktu sudah benar-benar mepet. Apalagi bagi mereka yang memilih mengerjakan TKP setelah menyelesaikan soal TIU dan TWK.

Selain itu disarankan pula agar peserta menyapu habis soal TWK tanpa mengosonginya atau berpikir mengerjakannya belakangan.

Sebab ketika soal TWK tak bisa dijawab, walaupun dikosongi untuk dikerjakan di akhir pun, pasti nantinya tetap sulit menjawabnya.

Sehingga daripada menyisakan beban sambil mengerjakan soal TIU  dan TKP, sebaiknya selesaikan saja dulu soal TWK agar tak menjadi beban dan membuat pikiran terbagi.
Terima kasih telah mengunjungi aCPNS
Baca: Panduan Download File
Lihat: Daftar ISI

You Might Also Like: